Coba lihatlah keatas langit. Ada apa disana? Wow, ada pasukan awan!, Ssstttt!!!!, pasukan awan ini punya ciri dan namanya masing-masing lo!, kenalan yuk.

A. Pasukan Awan Tingkat Pertama

         Pasukan awan tingkat pertama, bernama Cirrus. Pasukan Cirrus biasanya berada pada ketinggian 5.500 Meter. Pasukan ini adalah pasukan yang paling tinggi. Pasukan Cirrus memiliki beberapa anggota yaitu : ada Cirrus, Cirrocumulus, dan Cirrostratus dan mereka punya ciri-ciri tersendiri lo....., yaitu :



        Cirrus : Gumpalan awan putih dengan bentuk tipis dan berserat seperti bulu burung. Awan Cirrus terbentuk ketika uap air membeku menjadi kristal es pada ketinggian di atas 8.000 meter.



        Cirrocumulus : Lapisan awan yang bentuknya seperti ombak di pantai, ada juga yang berbentuk seperti bulatan kecil yang bergerombol. Anggota Cirrocumulus ini terkadang terbentuk dari peleburan awan Cumolonimbus.




        Cirrostratus : Bentuknya seperti serabut halus dan tipis berwarna putih. Munculnya awan Cirrostratus bisa menimbulkan Halo. Halo adalah sinar berbentuk lingkaran dilangit. Halo terbentuk dari pantulan atau pembiasan sumber cahaya.



    B. Pasukan Awan Tingkat Kedua

         Pasukan awan di tingkat dua bernama Alto. Mereka berada pada ketinggian antara 2.000 hingga 5.500 Meter. Sama seperti pasukan Cirrus, pasukan Alto juga punya anggota dan ciri-ciri khusus, yaitu :



       Altostratus : Awan ini biasanya berwarna kelabu. Awan Altostratus termasuk awan hujan. Jenis awan ini terbentuk pada waktu senja dan malam hari. Saat matahari muncul, awan Altostratus akan menghilang.




      Altocumulus : Bentuknya seperti segumpalan kapas yang bergerombol. Biasanya berwarna putih atau keabu-abuan.



    C. Pasukan Awan Tingkat Ketiga

        
Nah, yang ini bernama Stratus. Pasukan Stratus berada paling rendah dibandingkan pasukan lainnya. Pasukan Stratus berada pada ketinggian dibawah 2.000 Meter. Ini dia anggota pasukan Stratus, yaitu :



       Altostratus : Awan ini biasanya berwarna kelabu. Awan Altostratus termasuk awan hujan. Jenis awan terbentuk pada waktu senja dan malam hari. Saat matahari muncul, awan Altostratus akan menghilang.



    Altocumulus : Bentuknya seperti segumpalan kapas yang bergerombol. Biasanya berwarna putih atau keabu-abuan.

    D. Pasukan Awan Tambahan
 
            Eitsss!!!, masih ada satu lagi, nih. Pasukan tambahan ini termasuk pasukan vertikal. Soalnya pasukan ini, terbentuk secara vertikal. Anggotanya ada dua, yaitu :



    Cumulus : Berada pada ketinggian yang rendah, tetapi bisa meninggi ke atas. Batasa ketinggiannya, mulai rendah hingga sedang.



    Cumulonimbus : Awan yang besar, tebal, dan menjulang dari tempat yang rendah hingga sangat tinggi. Nah, awan ini bisa menimbulkan petir juga loh.....


Video berikut ini adalah cuplikannya.

1 Comments:

 
Top